Resensi Komik Strip: Real Masjid 1

Judul: Real Masjid (komik strip religi dan pekerti)

Penulis: Tony Hernanto

Ilustrator: Galang Tirta Kusuma

Penerbit: PT. Gramedia

Terbit:  2011

Isi: 114 halaman

Menurutku?

Hahahahaha……. dari judulnya aja sudah lucu bin unik. Waktu pertama kali lihat komik ini di toko buku, yang ada di otak cuma beli enggak ya soalnya gak masuk dalam genre bacaanku #halah :P

Pertama kali baca langsung terbersit kalau komik ini sangat cocok buat anak-anak karena, seperti tertulis dalam cover page “komik strip religi dan pekerti”, secara tak langsung dapat mendidik mereka tentang agama dan membangun karakter muslim mereka. Namun dipikir lebih lanjut, remaja dan dewasa juga masih masuk kriteria target sasaran komik Real Masjid. Setidaknya kita akan diajak introspeksi dan nyengir dengan sindiran-sindiran yang disampaikan.

Secara tak langsung penulis juga sebenernya ingin menyindir dirinya sendiri seperti yang dia tulis dalam Catatan Ketjilnya. Akan tetapi, sindirian untuk diri sendiri itu tentu juga turut memecut para pembacanya sebab cerita-cerita sederhana yang disampaikan pasti juga dijamak dijumpai di masyarakat umumnya.

Seperti sebuah cerita dimana saat subuh ada seseorang yang memasuki masjid. Awalnya dikira akan melaksanakan sholat subuh berjamaah, tapi saat ditunggu justru hanya numpang tidur di masjid.

Ada juga cerita soal orang yang melaksanakan dengan secepat kilat tanpa berdoa dan meminta kepada Allah SWT.

Cerita-cerita itu disampaikan dalam 4 gambar sederhana atau lebih juga cerita berseri yang sangat mudah dipahami dan diambil makna yang terkandung di dalamnya.

Di bulan Ramadhan ini, tentu sangat cocok sebagai awal perubahan dengan mengambil hikmah dibalik cerita yang disajikan.

Oya, kalau tidak salah sudah keluar Real Masjid 2….jika sudah punya dan selese baca, akan aku coba buat resensi sederhananya. sabar ya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s