Bikin Passport? Gak ribet kok ^^

Masih gk percaya dengan judul di atas? Well, awalnya juga kupikir sebaliknya, tapi sekarang saatnya merubah pandangan itu. Untuk itu, berikut adalah pengalamanku mengurus passport yang baaaruuu dan tergress dari proses pembuatan passport di Kantor Imigrasi Klas I Malang per tanggal 28 Februari 2013. Sekarang si buku hijau itu sudah ada di tanganku sejak 7 Maret 2013. Nah, cepet bukan? Cuma satu minggu dan eng ing eng ….jadi deh, ongkos juga murmer dibandingkan jika kita bikin lewat travel agent or calo.

Pertama kita lihat dulu dari aspek biaya, yup BIAYA, menarik bukan?? (menurutku sangat menarik hihihihi). Masalah biaya ini penting sebagai cambukan agar kita jangan terkungkung sama pikiran “wah urus passport ribet, ruwet, cari jasa servis pengurusan passport aja tinggal datang sekali trus jadi”.

Lewat Jasa Servis Pembuatan Passport: Rp. 650.000 – Rp 700.000

Berangkat sendiri ke Kanim: Rp. 255.000 + materai Rp. 8000

Gimana? Tercengang? Dengan selisih biaya sekitar Rp. 400.000 kita bisa beli kerupuk, keripik singkong, tahu gejrot lalu makan sampai puas :DD

Oke cukup iming-imingnya, sekarang ayo kita buat passport. Apa saja yang diperlukan?

1. KTP

2. Surat Nikah/Akte Lahir/Ijasah

3. Kartu Keluarga

4. Surat Rekomendasi dari tempat kita bekerja

Awalnya datang ke kantor imigrasi untuk meminta surat permohonan pengajuan pembuatan atau perpanjangan passport, setelah itu kita akan disuruh untuk meminta surat pernyataan dan materai di tempat yang ditentukan. Untuk biaya materai dan surat pernyataan ini aku kemarin dikenakan biaya Rp. 8000 (makanya dalam biaya di atas kutambahkan biaya materai). Setelah itu pulang saja, isi dan siapkan semua dokumennya di rumah. Atau kalau kalian datang pagi untuk meminta surat permohonannya dan langsung menyerahkan berkas-berkas juga gak papa sih. Cuma perlu diingat, pengajuan permohonan dijadwalkan dari pukul 8 – 10 pagi, kenyataannya jam 9.30 pagi loket pengajuan sudah ditutup sama petugas (kesian juga musti input data puluhan pemohon setiap harinya).

Untuk itu, disini kusarankan untuk mendaftar online melalui http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp

Dengan mendaftar melalui online, kita bisa membantu petugas sehingga urusan kita akan lebih cepat dan tak perlu menunggu antrian puanjang untuk sekedar menyerahkan berkas permohonan. Memang saat uploading scan dokumen agak  susah dan lama (karena accepted format nya hanya dalam bentuk *.jpeg), tapi sangat menghemat waktu saat penyerahan berkas di Kanim.

Setelah semua langkah permohonan online terlengkapi, jangan lupa untuk mencetak bukti permohonan online sebagai bukti bahwa kita sudah mendaftar online. Memang meskipun sudah mendaftar online, kita masih tetap harus membawa berkas permohonan beserta copy dari dokumen-dokumen diatas ke Kanim. Ini dia keuntungan lain mendaftar online, kita bisa menentukan sendiri kapan tanggal kita akan datang ke Kanim untuk menyerahkan dokumen pengajuan dan proses foto/wawancara akan dilakukan pada keesokan harinya.

Pada hari H (sesuai tanggal yang kita ajukan di aplikasi online), datang ke Kanim pagi-pagi sekali sekitar pukul 7 – 7.30 lalu letakkan berkas kita di meja petugas yang bertuliskan “Layanan Permohonan Khusus Online dan TKI”. Meskipun loket baru dibuka pukul 8 pagi, pengalaman kemaren jam 7.30 sudah ada setumpuk berkas permohonan. Syukurlah gak perlu antri di loket permohonan manual, gak kebayang dapat antrian nomor berapa karena penduduknya sudah berjubel di kursi tunggu.

Bila semua dokumen kita sesuai dan tidak ada yang perlu ditambahkan, kita akan diminta datang kembali keesokan harinya untuk foto dan wawancara. Sayangnya, di Kanim Malang meski lewat online kita tidak bisa langsung lanjut foto dan wawancara; tapi paling tidak kita bisa menyesuaikan jadwal jauh-jauh hari. Beda kalau kita daftar manual, kita musti nunggu 2-3 hari kemudian untuk foto dan wawancara. Oya, jangan lupa untuk membawa semua berkas asli dari dokumen yang kita copy dan scan di aplikasi online karena petugas akan mencocokkan semua copy dokumen dan data online kita dengan dokumen asli tersebut.

Saat akan foto dan wawancara, disarankan juga datang pagi sebelum loket dibuka sehingga kita bisa mendapat antrian awal. Kemarin aku datang jam 7.40 dan sudah dapat antrian pembayaran dan foto nomor 35 (pada niat-niat yang daftar passport hihihi). Tips saat foto passport: karena background foto passport adalah putih, baiknya jangan pake baju warna putih (nti cuma kliatan kepalanya kan lucu bin serem :P); Buat yang pakai jilbab juga jangan pakai jilbab putih (memang disana bisa dipinjami kerudung hitam, tapi karena layanan masyarakat semua harus serba instan, jadi ganti kerudungnya juga di depan orang-orang dan bapak petugas fotonya….enggak banget kan???!!)

Setelah berfoto ria, saatnya menunggu giliran wawancara. Jangan bayangkan sebuah sesi wawancara yang menegangkan, seandainya gerah dan keringetan itu bukan karena wawancaranya menyeramkan dan serius tapi karena di ruang wawancara gak ada AC ataupun kipas angin😛 Wawancaranya hanya sekedar memastikan bahwa data yang kita input adalah benar, seperti tanggal lahir nya dimana, tujuannya mau kemana. Malahan aku kemarin gak ditanyain apa-apa, disuruh cek sendiri apakah data-datanya sudah benar semua yang dikomputer. setelah cocok dan selesai, kita diminta tanda tangan di buku passport kita. Lalu…..tunggu 4 hari passport akan jadi.

Yup, tepat waktu sekali….4 hari setelahnya passport langsung siap ambil. Setelah mengambil, kita diminta untuk meng-copy bagian depan dan belakang passport sebagai dokumen tinggal di Kanim nya.

Jadi deh, simple dan gak memakan banyak biaya. Proses cepat dan gak seribet yang dibayangkan kan…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s