Persiapan Umroh (untuk perempuan)

Alhamdulillah akhirnya kesempatan untuk datang ke tanah haram Makkah dan Madinah sudah kami laksanakan awal bulan ini (8 April 2013). Saat itu kami, Bapak Mamak Mbak dan aku sendiri, bingung akan keperluan apa saja yang perlu kami bawa dalam perjalanan perdana kami. Browsing internet hampir tiap hari dilakukan, mulai dari membaca semua tempat-tempat ziarah, bacaan doa yang dilafalkan saat ihram, hingga perlengkapan harian baju sandal dsb.

Nah, mengingat sibuknya kami waktu itu, rasanya perlu untuk saya memberikan sedikit sumbangsih tentang apa saja yang perlu dibawa selama umroh 9 hari khususnya untuk kaum perempuan yang bisa dibilang lebih “ribet” dibanding laki-laki😛

So, berikut list yang saya bawa kemaren lengkap dengan akhirnya dipakai atau tidak disananya :D (jd malu duluan karena akhirnya membawa barang bersih tak terpakai kembali ke rumah :P)

1. Mukenah 2 buah

2. Sajadah 1 buah (tidak perlu repot-repot mencari sajadah muka kalau tidak punya, bawa saja sajadah yang anda punya sekarang)

3. Baju terusan gamis 3 buah

4. Bawahan celana 2 buah (untuk perjalanan dari dan ke tanah air serta agenda ziarah, karena lebih nyaman dengan celana daripada rok. Note: bukan jeans)

5. Seragam batik 1 buah dari travel umroh (untuk berangkat dan pulang)

6. Kaos seragam 1 buah dari travel umrohh (dipakai saat agenda ziarah)

Note: apabila anda tidak mendapat jatah baju batik dan kaos seragam dari travel umroh Anda, saya rasa cukup diganti dengan baju atasan 1 buah dan tambahan gamis 1 buah

7. baju ihram (untuk baju ihram ini tidak harus putih seperti yang kebanyakan orang kira. Gamis hitam panjang longgar juga dapat digunakan. Atau apabila tidak punya, cukup gunakan baju gamis longgar yang anda punya, karena memang tidak ada ketentuan baju ihram untuk perempuan)

8. Sandal jepit dan Sandal perjalanan yang nyaman (saya pakai sepatu sandal kemarin)

9. Jilbab instant langsung pakai (bergo) 3 buah

10. Kacamata hitam dan masker (karena di Makkah siang hari sangat silau dan saat ini sedang dalam pembangunan besar-besaran sehingga masker diperlukan  untuk anda yang tidak tahan dengan debu)

11. Kaos kaki secukupnya (waktu itu saya bawa 4 buah, bisa cuci di hotel)

12. Dalaman secukupnya

13. Obat-obatan pribadi

14. Pelembab wajah, hand&body lotion, lip balm

15. Al-Qur’an (meskipun di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram banyak Al-Qur’an dari waqaf para jamaah, namun saya rasa membawa Qur’an sendiri akan lebih nyaman karena dapat dibaca dimanapun kita berada ketika keadaan memungkinkan)

16. Buku panduan umroh dari travel dan buku-buku doa lainnya yang anda perlukan.

Sepertinya itu semua bawaan kami yang utama saat umroh kemarin, dan ternyata masih ada yang harus saya bawa pulang dalam keadaan bersih: jilbab instan 2 buah sebab ternyata saya hanya perlu 1 buah jilbab instan saat ziarah.

Dari perjalanan kemaren, saya rasa senjata utama kaum perempuan adalah atasan mukenah karena dia bisa sekalian dipakai sebagai jilbab (jangan lupa untuk selalu memakai dalaman jilbab sebelum mukenah agar rambut tidak lari-larian). Saya saja kemana-mana memakai gamis dan atasan mukenah. and that’s  enough. Dari hotel ke masjid pakai gamis dan atasan mukenah, jalan-jalan ke pasar setelah dari masjid juga dengan kostum yang sama😀 mukenah forever deh pokoknya ^^

Untuk yang bingung harus bawa berapa kaos kaki dan dalaman, gak usah khawatir. Dua itu bisa dicuci sendiri saja di hotel, lalu keringkan di dekat lampu kamar mandi dalam satu setengah hari juga bisa kering dan langsung pakai lagi ^.^

Bismillah semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita semua. aamiin ya rabb

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

11 thoughts on “Persiapan Umroh (untuk perempuan)

    1. Mau umroh mbak Jati? Alhamdulillah. Semoga diberi kelancaran dalam beribadah dan selamat dalam perjalanan mulai dari berangkat, disana, sampai pulang lg aamiin.
      Kalau untuk perempuan saat umroh, setau saya, tidak ada ketentuan harus warna putih. Karena tidak ada syarat2 baju ihram untuk perempuan, beda dgn laki-laki. Jadi atasan n gamis tidak harus warna putih, asalkan syar’i dan pilih bahan yg nyaman

  1. Insyaalloh akhir maret 2014 ini saya juga brgkat umroh dengan Travel Makkah Madinah ,semoga dimudahkan dan selamat sampai pulang nanti,amiin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s